Batuk Merokok

Biasanya kalau seorang perokok sedang mengalami batuk tidak akan mau mengakui bahwa rokoklah yang menjadi penyebabnya. Apalagi di bonapasogit Tanah Batak sana, merokok sudah menjadi kebutuhan. Ada yang merokok kretek, ada juga merokok putih, dan timbaho bakkal (tembako racik) masih pamor.

Kalau sedang asyik markato (ngobrol) kadang lupa porsi merokok sudah berlebihan sehingga mengalami batuk. Kalau sudah batuk tapi tak mau dihentikan tapi mau juga sembuh maka Datu bolon mau kasi resep sederhana dari tumbuhan yang masih banyak tumbuh di sana:

Resep 1): Batuk Merokok: Ambil ranting dari pohon kayu manis (cinnamomum burmani), yang masih muda lalu ditumbuk sehingga menjadi seperti bubuk, lalu diseduh dengan air panas lalu diminum secara teratur.

Beberapa bahan kimia yang terkadung di dalam kayu manis (cinnamomum burmani) adalah minyak atsiri yang disebut eugenol, safrol, sinamaldehide, tannin, kalsium oksalat, damar dan zat penyamak. Efek farmakologis lainnya yang terdapat pada kayu manis adalah sebagai peluruh keringat (diaphoretic), peluruh kentut (carminative), anti rematik, penambah nafsu makan (stomachica), dan penghilang rasa sakit (analgesik). Selamat mencoba !

Untuk jenis penyakit batuk ada lebih dari 42 resep termasuk untuk jenis batuk berdarah, batu paru-paru dingin, batuk kering, batuk rejan (petrusis), batuk sesak (asma & tbc), dan jenis batuk lainnya, tetapi yang disajikan disini adalah resep yang kira-kira gampang dicari bahan bakunya di Tanah Batak.

Resep 2): Batuk Umum: Buah asam jawa (daging buah) [Tamarindus indica L.] 10 gr diseduh dengan 1 gls. air panas dan ditambah dengan gula merah secukupnya, lalu diminum.

Resep 3): Batuk Umum: 1 buah jeruk nipis (Citrus aurantifolia Swingle.) dibelah dua. 1 bagian pada belahannya dioles kapur sirih secukupnya dan didiamkan beberapa saat.  Lalu bagian kulit jeruk dibakar sampai mengeluarkan buih. 1 bagian belahan lainnya diperas untuk diambil airnya dan dicampur dengan perasan jeruk nipis yang telah dibakar tadi lalu diminum.

Resep 4): Batuk Umum: 1 buah jeruk purut (Citrus hitrix D.C.) dibelah dua untuk 2 x pemakaian. satu belahan jeruk purut diperas dan airnya ditambah dengan kecap manis sebanyak 1 sendok teh, lalu diminum.

Resep 5): Batuk Paru-paru Dingin: Kulit kayu manis [Cinnamomum burmani (Ness.) BL.] ditumbuk menjadi bubuk sebanyak 2.5 gr dan diseduh dengan air panas 1 gelas dan diminum selagi hangat 2 x sehari.

Resep 6): Batuk Kering: Rimpang jahe merah (Zingiber officinale Linn. Var. rubrum.) yang sudah dibersihkan lalu dikunyah secukupnya dan airnya ditelan.

Mungkin tidak ada bahan yang disebutkan diatas dan mungkin pula ada bahan herbal lainnya seperti umbi bidara upas [Maremia mammosa (Lour.) Hall. f.], anting-anting (Acalypha australis L.), umbi bambu tali [Asparagus cochinchinenensis (Lour.) Merr.], cabe jawa (Piper retrofractum Vahl.), kapulaga (Amomum cardamomum Willd.), kasingsat (Cassia omlidentalis Linn.), kayu putih (Melaleuca leucadendra L.), jarong (Stachytarpheta indica Vahl.), pagoda [Clerodendrum japonicum (Thunb.) Sweet), daun dewa [Gynura segetum (Lour.) Merr.], daun sendok (Plantago Mayor), bunga jengger ayam (Celosia cristata L.), akar bunga tasbeh (Canna indica L.), bunga mawar (Rosa Chinensis Jacq.), pegagan (Centella asiatica), umbi ophiopogon [ophiopogon japonicus (L.f.) Ker-Gawl.], bunga mawar jambe , bunga kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.), bunga ekor kucing (Acalypha Hispida Burn.F.), daun sirih (piper betle L.), umbi bidara upas [Merremia mammosa (Lour.) Merr.], belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.), biji jinten (Coleus amboinicus Lour.), akar bunga matahari (Helianthus annuus L.), ciplukan Physallis perviana L.), bunga kenanga ( ), akar jali [Coix lacryma (Jobi.) L.], dan lainnya. Kalau anda ingin bertanya maka coba kunjungi di sini: Resep-resep Datu Bolon 
Back home again

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: