Bisul (Baro)

Bisul memang penyakit yang tidak diobati juga bisa sembuh, akan tetapi sangat mengganggu aktivitas terutama kalau kita mau kerja yang memerlukan gerak. Ada kalanya bisur ada ditempat yang sangat sensitif seperti di pantat, pangkal paha atau ditempat yang tertutup pakaian sehingga kalau ada gesekan akan terasa sangat sakit dan tak jarang harus menyebut amangoi….. Orang batak bilang bisul jenis ini disebut baro imbulu karena bisulnya kecil tapi sangat menyakitkan. Terkadang bisul mau muncul di dekat persendian sehingga tulang terasa nyeri dan sendipun banyak melakukan gerakan yangmengakibatkan sering terjadi sentuhan kena ke bisul tentu saja akan maramangoooiii….

Resep untuk bisul ada lebih dari 20 resep yang menggunakan herbal. Dan disini akan ditampilkan beberapa dimana bahan herbalnya banyak ditemukan di tanah batak:

1) Bisul: Daun pultak-pultak (daun ciplukan) (Physallis perviana L.) dicuci bersih secukupnya, lalu ditumbuk sampai halus dan dioleskan disekeliling bisul, dan supaya lebih bertahan tidak jatuh maka perlu dibalut dengan perban atau percahan kain yang bersih, dan diganti 2 x sehari.

2) Bisul: Daun Bayam Duri (Amaranthus spinosus L.) secukupnya dicuci bersih dan ditumbuk sampai halus dan dicampur sedikit madu, lalu dioles sekeliling bisul dan dibalut. Pemakaian 2 x sehari.

3) Bisul: Daun Belimbing Manis (Averrhoa carambola L.) dicuci dan ditumbuk secukupnya sampai halus dan dicampur dengan air cucian beras sehingga seperti bubur. Tempelkan pada bisul dan dibalut. pemakaian 2 x sehari.

4. Bisul: Daun Ubijalar [Ipomoea batatas (L.) Lam.] secukupnya dicuci bersih dan digiling sampai halus. Ditambahkan sedikit garam lalu dibalur pada bisul dan dibalut menggunakan perban atau kain perca bersih. Pemakaian 2 x sehari.

Ada juga resep bisul ini yang berbahan dari Bunga Matahari (Helianthus annuus L.), Daun anyang-anyang (Elaeocarpus grandiflora J.E.Smith.), Daun Asam Jawa (Tamarindus Indica L.), Bandotan (Ageratum conyzoides), Bandotan kering, Daun sendok (Plantago mayor), Daun Ganda Rusa (Justicia gandarusa Burm. f.), Daun Iler [Coleus scutellarioides (L.) Bent.], Jombang (Taraxacum mongolicum Hand.-Mazz.), Akar Karet Kebo (Ficus elastica Roxb.), Daun Kembang Pukul Empat (Mirabilis Jalapa L.), Bunga Kembang Telang Biru (Clitoria Ternatea L.), Krokot (Portulaca oleracea L.), dan lain-lain. Apabila tumbuhan ini ada di sekitar dan anda membutuhkan resepnya, harap dikonsultasikan.

Untuk keterangan lebih lanjut, anda klik disini: Resep-resep Datu Bolon

Back home again

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: