01-LETAK NEGRI BATAK (TANO BATAK)

Buku History of Sumatra karangan William Marsden yang diterbitkan pada tahun 1811 sebenarnya sudah ada yang diterjemahkan oleh Remaja Rosdakarya di tahun 1999 dan oleh Komunitas Bambu pada tahun 2008. 

Apabila anda belum memiliki buku-buku tersebut, maka Batakone mencoba untuk menerbitkan beberapa posting berserial khususnya untuk Bab-20 tentang Batak. Postingan ini tidak diambil dari dua buku terjemahan yang disebutkan di atas tetapi langsung dari teks bahasa Inggris koleksi Universitas Michigan yang dicetak oleh pengarang J. McCreery, dan diterjemahkan secara bebas. Apabila ada interpretasi yang berbeda dengan buku terjemahannya harap dimaklumi.

BAB-20

B A T A K

Satu diantara penduduk pulau yang dapat disebutkan sangat berbeda, dan dengan segala hormat disebutkan secara tegas sebagai orang asli Sumatra, adalah Bangsa Batak (Battas), yang sangat jauh berbeda dari penduduk lainnya, dari segi adat istiadat dan kebiasaannya yang sangat luarbiasa, dan khususnya dalam beberapa penerapannya yang diluar dari kebiasaan, sehingga harus dibuat perhatian khusus untuk menjabarkannya. 

 

LETAK NEGRI BATAK (TANO BATAK)

Negri Batak dibatasi sebelah utara berbatasan dengan Aceh, yang dibatasi oleh Gunung Papa dan Gunung Deira, dan disebelah selatan dibatasi oleh kawasan bebas yang disebut Rau atau Rawa (Daerah Rao sekarang); memanjang sepanjang pantai laut disebelah barat dari mulai sungai Singkel (Singkil) sampai ke Tabuyong, dan didaratannya, berbatasan dengan Ayer Bangis (Air Bangis), dan secara umum berbatasan sepanjang pulau, yang menyempit disekitar kawasan itu, sampai ke pantai bagian timur, kira-kira lebih kurang sampai ke batasan kekuasaan Melayu dan Aceh dibagian daerah maritimnya, sebagai kekuasaan komersial. Kawasan Tanah Batak sangat padat penduduknya, terutama di kawasan pusat, dimana terdapat dataran terbuka dan masih perawan, di perbatasannya (sebagaimana disebutkan) terdapat sebuah danau yang sangat besar, tanahnya subur, dan pertaniannya jauh lebih maju daripada di daerah negri bagian selatan, yang masih ditutupi oleh hutan lebat, dimana terlihat pohon-pohon kosong kecuali pohon-pohon yang ditanami oleh penduduk disekitar kampung, kecuali disepanjang tebing sungai masih tumbuh lebat, tetapi dimanapun terlihat suasana yang kuat menggambarkan keberadaan daerah itu.  Jumlah air kelihatan tidak begitu melimpah dibanding kawasan bagian selatan, yang boleh dikatakan berada agak lebih rendah, di bukit barisan yang memanjang kearah utara dari mulai Selat Sunda sampai daerah pedalaman pulau, yang berukuran luas sampai berakhir di Gunung Passumah atau Gunung Ophir. Disekitar Teluk Tapanuli dataran tingginya berhutan lebat sampai ke dekat pantai. 

>>>  Resitasi Sub-Bab LETAK NEGRI BATAK:

  1. William Marsden menyebutkan bahwa Bangsa Batak adalah yang paling pantas disebut sebagai penduduk asli Pulau Sumatra.
  2. Bangsa Batak sangat jauh berbeda dengan penduduk dari segi adat istiadat dan kebiasaannya yang sangat luarbiasa sehingga harus dibuat perhatian khusus untuk menjabarkannya.
  3. William Marsden menggambarkan bahwa Letak Negri Batak adalah sepenuhnya Sumatra Utara Sekarang, yang berbatasan dengan Propinsi Sumatra Barat dan daratan sampai ke Propinsi Riau dan disebelah baratnya di Singkil dan  Air Bangis berbatasan dengan Propinsi Nangro Aceh.
  4. William Marsden juga menggambarkan bahwa di Pusat Tanah Batak (Silindung dan Toba) sudah sangat padat penduduknya yang dikatakan dekat dengan danau yang sangat besar (Danau Toba).
  5. Pertanian di Pusat Tanah Batak (Toba, Silindung) sudah sangat baju dan semua dataran terpakai untuk pertanian tetapi pohon-pohon besar sudah agak kosong kecuali disekitar perkampungan.
  6. Di bagian selatan Tanah Batak disebutkan masih banyak hutan lebat, tetapi jumlah air masih lebih melimpah di daerah selatan karena tanahnya lebih rendah.
  7. Tanah Batak pedalaman disebutkan terletak di Bukit Barisan yang memanjang dari mulai Selat Sunda sampai berakhir di Gunung Passumah atau Gunung Ophir. 

Catatan:

Gunung Ophir adalah suatu tempat yang masih menjadi misteri. Sejak dikemukakan oleh Plato di abad-4&5, banyak kalangan yang meneliti dimana keberadaan Gunung Ophir. William Marsden menyebutkan bahwa Gunung Ophir adalah Gunung Passumah. Dari berbagai alas an argumentative, penulis lebih mengakui bahwa Gunung Ophir adalah Gunung Pusuk Buhit. 

Kisah-kisah di Alkitab menyebutkan bahwa Raja Sulaiman mendapatkan emas, perak, Kayu Cendana, batu mulia, gading gajah, monyet, merak, dikirim dari sebuah pelabuhan yang ada di Negri Ophir (Ofir) sekali dalam tiga tahun. 

Dalam Kitab Kejadian-10 disebutkan bahwa Ofir adalah anak dari Joktan keturunan Sem. Dan mengenai barang-barang yang pesan Raja Sulaiman yang berasal dari Negri Ophir adal dalam Kitab 1-Raja-raja-9:28,  10:11, 22:9, 1-Tawarikh-29:4, 2-Tawarikh-8:18, Ayub-22:24, 28:16-17, Mazmur-45:9, Yesaya-13:12.

Sampai saat ini belum dapat dipastikan dimana letak Negri Ophir, akan tetapi dari data-data yang berkaitan dapatlah diambil pendekatannya bahwa Negri Ophir terdapat di Tanah Batak.

Index:

  1. Achin = Aceh, daerah yang berbatasan dengan Tanah Batak.
  2. Ayer Bangis = Air Bangis, daerah perbatasan Tanah Batak dengan Sumatra Barat di dekat Natal Kabupaten Madina
  3. Battas = Batak, sebutan untuk sebuah bangsa yang terdapat di kawasan Sumatra Utara dan Aceh.
  4. Deira = Diri, Dairi; nama daerah pegunungan (dataran tinggi)yang memisahkan Tanah Batak dan Aceh.
  5. Ophir = nama sebuah gunung sebagai ujung Bukit Barisan di bagian Barat Pulau Sumatra. Gunung Ophir sudah melegenda di dunia yang dianggap bahwa emas yang dibeli oleh Raja Sulaiman berasal dari daerah Ophir (Ofir). Mungkin yang dimaksud adalah Pusuk Buhit.
  6. Papa = Pakpak, nama daerah pegunungan (dataran tinggi)yang memisahkan Tanah Batak dan Aceh.
  7. Passumah = nama sebuah gunung merupakan ujung dari Bukit Barisan di bagian barat Pulau Sumatra. Gunung Passuma disebut juga sebagai Gunung Ophir.
  8. Rau = Rawa, sekarang disebut Rao, nama daerah independent yang berbatasan dengan Tanah Batak di Selatan.
  9. Rawa = Rau, sekarang disebut Rao, nama daerah independent yang berbatasan dengan Tanah Batak di Selatan.
  10. Singkel = sekarang disebut Singkil, nama sebuah sungai Singkil yang membatasi Tanah Batak dengan Aceh di arah pantai sebelah barat.
  11. Tabuyong = Tabuyung, nama daerah perbatasan Tanah Batak dengan Sumatra Barat,  sebagai terusan batas mulai dari Sungai Singkil..

Preambul<<<Batak Menurut William Marsden>>>Selanjutnya

Mulak tu bona>>>

6 Responses to “01-LETAK NEGRI BATAK (TANO BATAK)”

  1. Passumah \ Pasemah atau Lampung sekarang

  2. Aku nggak mau juga dong ketinggalan ! Bung Alvatarz & saya, yuk.. sama-sama ungkap kebenarannya…

  3. EGP. AJA .
    orang mau anggap gila ato apa. terserah EGP AJ.
    YG penting kebenaran harus disampaikan.

    kalau israel bagian dari batak aq rasa mungkin saja.
    kan ribuan tahun lalu. ntar kucari jawabannya.

    kalau sdr ku dianggap gila, saya gimana lagi.
    saya sudah menginjak2 batu hobon kebanggaan org batak.
    lalu memaki pimpinan agma hindu sedunia yg kesurupan roh yg katanya sabda palon dan raja brawijaya serta dewi kwan im.
    belum lg pendeta2 kristen dan ulama.

    tp. EGP.
    mereka sih yg membodohi umat dgn kesaktian supranatural dari setan.

    tp salah umatnya juga suka yg ajaib2. shg mau dibodohi.

    ya. udah tugas saya tuh.
    jadi enjoy saja.

  4. alvatarz Says:

    Raja Sulaiman mendapatkan emas, perak, Kayu Cendana, batu mulia, gading gajah, monyet, merak, dikirim dari sebuah pelabuhan yang ada di Negri Ophir (Ofir) sekali dalam tiga tahun.
    Semua itu benar.
    Hm… Ternyata orang asing lebih mengetahui tentang sejarah batak daripada orang batak sendiri.

    Hubungan Batak dan Israel sangat kuat.
    Permata, kayu2 Bait Allah yang didirikan oleh Salomo adalah yang dibawa oleh putri Raja Tea-Tea Bulan. kan jelas Ratu selatan itu dituliskan dalam injil.
    salam kasih alvatarz

    • @Bung Alvatarz,
      Thanks to response; Ada satu artikel di salah satu blog yang pernah saya baca memaparkan kecocokan Batak dengan Israel, bahkan ada sekelompok Batak yang mencoba untuk claim ke Israel bahwa Batak adalah salah satu suku Israel yang hilang. Claim ini me-refer kepada salah satu suku di Etiopia yang sudah diakui oleh Israel menjadi bagian dari mereka.

      Dari kajian saya justru sebaliknya bahwa Israel adalah bagian dari Batak, bahkan asal muasal manusia juga dari Batak. Huahhahhha……. pasti aku dianggap gila !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: