PBB – Punguan Bangso Batak Se-Eropah

PUNGUAN BANGSO BATAK SE-EROPAH (PBB) 

Susunan Pengurus: Ketua: Ponti Hutapea
Wakil Ketua: Franklin Sinulingga
Sekretaris: Yetty Aritonang
Bendahara: Ida Sinaga
Pembina: Helen Simanjuntak (Jerman)
Penasehat: James Sitorus (Jerman).

Saduran Berita: 

O Tano Batak di Perancis Warnai Peresmian Punguan Bona Pasogit se-Eropa 

Posted in Berita Utama by Redaksi on Agustus 30th, 2009 

Medan (SIB)
Lagu O Tano Batak berkumandang di Chateau de Versailles, Paris, Perancis dinyanyikan sekitar 300 orang Batak yang bermukim di Eropa, dipandu artis Batak Buntora Situmorang yang didampingi putranya Ir Anjulala Situmorang. Lagu ini baru pertama sekali dikumandangkan di Perancis bertepatan dengan peresmian Punguan Bona Pasogit se-Eropa, 5 Juli 2009 lalu.

“Mereka ikut menyanyikannya dengan penuh perasaan. Mereka seperti berada di “Bona Pasogit”nya, kata Buntora menggambarkan “action” orang Batak yang datang dari berbagai negara Eropa seperti Belanda, Inggris, Perancis, Jerman dan Italia itu.

Lagu Anju Ahu, Situmorang, Boru Panggoaran dan lagu-lagu popBatak lainnya sebelumnya juga telah dilantunkan Buntora & Son dan disambut apllaus hangat “Halak Hita” yang sudah lama meninggalkan budaya/tradisi “Bona Pasogit” karena jauh di negeri orang “Sibontar mata” (julukan kepada orang asing/luar negeri di Tanah Batak tempo doeloe).

Rindu akan kampung halaman tampaknya seperti terobati. Selain pagelaran lagu Batak juga diperdengarkan Gondang Batak. Seperangkat Gondang Batak yang dibawa Bunthora dari Jakarta diserahkan kepada pengurus Punguan Bona Pasogit se-Eropa. Tujuannya, agar orang Batak di Eropa dapat belajar memaluh Gondang Batak dan mengenal alat musik tradisional Batak, utamanya putra/i orang Batak yang lahir di Eropa.

Sebelum acara puncak pelantikan pengurus Punguan Bona Pasogit se-Eropa pada hari pertama (3/7) penyambutan kedatangan orang Batak yang diundang dari berbagai negara di Eropa dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah sambil martarombo (menanyakan silsilah). Hari kedua (4/7) musyawarah dan hari ketiga peresmian pengurus Punguan Bona Pasogit se-Eropa diselang-selingi hiburan lagu Batak dan Gondang Batak.

Sebagaimana dituturkan Bunthora Situmorang kepada wartawan SIB, pengurus dan anggota Punguan Bona Pasogit se-Eropa juga menerima masukan darinya yaitu perlu pembentukan pengurus di tiap-tiap negara di Eropa.

Susunan Pengurus
Pengurus Punguan Bona Pasogit se-Eropa yang dibentuk adalah Ketua: Ponti Hutapea dan Wakilnya Franklin Sinulingga. Sekretaris: Yetty Aritonang dan Bendahara Ida Sinaga. Pembina ditetapkan Helen Simanjuntak, tinggal di Jerman dan Penasehat James Sitorus (Jerman).

Untuk memudahkan kordinasi disepakati pembentukan pengurus di masing-masing negara di Eropa seperti di Belanda, Inggris, Jerman dll. Tuan rumah tahun depan ditetapkan Inggris. Pada kesempatan itu nantinya Bunthora Situmorang akan membawa tim kesenian dan gondang Batak. Diperkirakan personilnya mencapai 20 orang.

Punguan ini sifatnya sosial, sama dengan punguan orang Batak lainnya di Bona Pasogit sebagai wadah mempererat silaturahmi, saling tolong menolong.
Perlu diketahui bahwa jauh sebelum abad duapuluh ini, juga telah ada Punguan Bangso Batak di Amerika Serikat berkedudukan di Washington. Punguan Bangso Batak ini disingkat dengan PBB. Para anggotanya adalah “halak hita” yang bekerja di Amerika Serikat. Tapi banyak juga intelektual Batak yang kebetulan mengikuti program magister di negeri Paman Sam itu.

Sementara anggota Punguan Bona Pasogit se-Eropa umumnya orang Batak yang sudah bekerja di Eropa yang sudah lama meninggalkan Bona Pasogitnya. Jauh-jauh di negeri orang “takana juo” (terkenang juga) Bona Pasogit. (Manapar Manullang).

Sumber : Harian SIB

Back home again

4 Responses to “PBB – Punguan Bangso Batak Se-Eropah”

  1. waw…….. mantap men…….

  2. anita tambun Says:

    wah,…..asik,..
    kapan yah ke eropa…

  3. Thanks, Coba dihubungi Kedutaan di Perancis dan Jerman, atau Konjen di dua negara ini seperti; Konjen Hamburg, Nordstrand

  4. horas……. alamat sekertariatnya dimana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: