Batak Menurut William Marsden

Buku History of Sumatra karangan William Marsden yang diterbitkan pada tahun 1811 sebenarnya sudah ada yang diterjemahkan oleh Remaja Rosdakarya di tahun 1999 dan oleh Komunitas Bambu pada tahun 2008. 

Apabila anda belum memiliki buku-buku tersebut, maka Batakone mencoba untuk menerbitkan beberapa posting berserial khususnya untuk Bab-20 tentang Batak. Postingan ini tidak diambil dari dua buku terjemahan yang disebutkan di atas tetapi langsung dari teks bahasa Inggris koleksi Universitas Michigan yang dicetak oleh pengarang J. McCreery, dan diterjemahkan secara bebas. Apabila ada interpretasi yang berbeda dengan buku terjemahannya harap dimaklumi.

The History of Sumatra adalah sebuah buku yang diterbitkan tahun 1810 oleh penulisnya William Marsden (1754 – 1836).  Bukunya diterbitkan pada tahun 1784 sebanyak 373 halaman, dan Edisi-3 – pada tahun 1811 sebanyak 479 halaman berasal dari buku asli koleksi Universitas Michigan yang dicetak oleh pengarang J. McCreery dan dipasarkan oleh Longman, Hurst, Rees, Orme, dan Brown di tahun 1811. 

Buku The History of Sumatra berisi tentang pemerintahan, hokum, adat istiadat, karakter dasar penduduk pribumi, serta penjelasan tentang hasil-hasil bumi, dan hubungan antar pemerintahan kerajaan di Pulau Sumatra. 

William Marsden yang lahir tanggal 16 Nopember 1754 dan meninggal tanggal 6 Oktober 1836 merupakan pionir dalam studi tentang Indonesia dan Sumatra secara umum dan khususnya Bangsa Batak. William Marsden juga sebagai seorang ahli di bidang studi bangsa-bangsa di timur, termasuk sebagai ahli dibidang studi bahasa-bahasa asli, dan sebagai kolektor koin-koin kuno. 

William Marsden adalah anak seorang pedagang dari Dublin. Dia diangkat sebagai pelayan umum disebuah Perusahaan India Timur pada usia 16 tahun dan dikirim ke Bengkulu pada tahun 1771. Kemudian William Marsden diangkat menjadi Sekretaris Utama Pemerintah karena memahami bahasa melayu termasuk pengetahuannya tentang negri Sumatra. Sekembalinya ke London di tahun 1779, dia menulis History of Sumatra (Sejarah Sumatra). 

Buku Sejarah Sumatra terdiri dari 23 bab dimana pada Bab-20 khusus menceritakan tentang BATAK. Pada Buku Sejarah Sumatra ini, William Marsden menulis 17 sub-bab mengenai BATAK yang berisi tentang: Negri Batak, Teluk Tapanuli, Perjalanan ke Pedalaman, Kayu Manis (Cassia Trees), Pemerintahan, Tentara, Peralatan Perang, Perdagangan, Dewa-dewa, Makanan, Sifat-sifat, Bahasa, Tulisan, Agama, Acara Penguburan, Kriminal, Kebudayaan yang Luarbiasa. 

Catatan: Bagi pengunjung yang berminat untuk mengetahui tentang BATAK dari Buku Sejarah Sumatra yang ditulis oleh William Marsden, maka silahkan memberi dukungannya melalui tanggapan, maka terjemahan bebas yang disarikan oleh BATAK ONE akan diterbitkan sesuai kandungan minat dari pengunjung. SILAHKAN MENANGGAPI pada halaman ini. Selamat menikmati….. 

  1. Artikel-1 (Letak Negri Batak)
  2. Artikel-2 (Pembagian Tanah Batak)
  3. Artikel-3 (Perjalanan Mr. Miller – Bagian-1)
  4. Artikel-4 (Perjalanan Mr. Miller – Bagian-2)
  5. Artikel-5 (Pemerintahan Batak)
  6. Artikel-6 (Perdagangan)
  7. Artikel-7 (Bahasa-Tulisan-Buku2)
  8. Artikel-8 (Kebiasaan Aneh dan Makan Manusia)
  9. Artikel-9 (Bab-bab Lain Berkaitan Dengan Batak)

Bila anda ingin membaca keseluruhan tentang Bangsa Batak pada Bab-20 dari The History of Sumatra karangan William Marsden dalam format PDF, silahkan klik disini>>>Batak Menurut William Marsden-Pdf

Mulak tu bona>>>

2 Responses to “Batak Menurut William Marsden”

  1. Buku yang bagus di baca oleh semua orang yang merasa dirinya halak batak…..mengenal peradaban sendiri itu penting..

  2. […] Preambul<<<Batak Menurut William Marsden>>>Selanjutnya […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: