Bayam Suga

 

bayam suga, Amaranthus spinosus, L

Bayam Suga

adalah dalam bahasa Batak untuk jenis bayam duri (Amaranthus spinosus, L.). Orang Cina menyebutnya le xian cai, sementara orang Inggris mengenalnya dengan nama prickly amaranth

Jenis bayam suga ini banyak tumbuh berkeliaran di sembarang tempat di Tanah Batak terutama di tempat yang sedikit agak lembab, walaupun jenis bayam suga ini banyak juga yang tumbuh di tanah kering di sekitar rumah. 

Orang Batak sebenarnya mengenal bayam suga sebagai tanaman yang dapat dimakan sebagai sayuran, akan tetapi karena sifatnya yang berduri sehingga tidak begitu diperdulikan, padahal bayam suga ini sangat berkhasiat dan banyak kandungan zatnya yang mengandung obat untuk berbagai penyakit. Kebanyakan orang Batak, terutama di daerah Toba memanfaatkannya sebagai makanan ternak, terutama untuk makanan babi, setelah menggodoknya dengan berbagai jenis tanaman lainnya. 

Membudidayakan bayam suga sebenarnya sangatlah gampang. Biasanya bayam suga tumbuh sampai berbunga dan berbiji. Biji-biji ini dapat disemai atau ditebarkan saja di tempat-tempat yang lembab sudah langsung tumbuh subur. Dengan memanfaatkan bayam suga sebagai sayuran sebenarnya sudah menjadi salah satu pencegahan berbagai penyakit. 

Disamping mengandung Vitamin-A, Vitamin-C, Vitamin-K, dan Vitamin-B6, bayam suga mengandung zat aktif seperti amaratin, rutin, spinasterol, hentriakontan, tanin, kalium nitrat, kalsium oksalat, piridoksin, garam fosfat, zat besi, sehingga berkhasiat untuk memperkuat jantung dan ginjal, disamping sebagai pereda demam (antipiretik), peluruh kencing (diuretik), pelancar haid dan peluruh dahak (ekspektoran), penawar racun (antitoksin), menghilangkan bengkak (detumescent) serta pembersih darah. 

Semua bagian tumbuhan dapat dimanfaatkan menjadi obat, dari mulai akar, batang, daun dan bunga. Penggunaannya dapat pula dilakukan dengan perebusan untuk diminum ataupun untuk pengobatan luar dimana perlu. 

Pengobatan dengan cara meminum: 

  1. TBC Kelenjar. Tumbuhan bayam suga (seluruhnya: akar, batang, daun, bunga) sekitar 60g dicuci bersih dan dipotong kecil-kecil lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa menjadi 2 gelas. Rebusan yang telah disaring diminum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas dengan menambahkan arak putih secukupnya.
  2. Radang Saluran Pernafasan. Segenggam daun bayam suga segar digiling halus setelah terlebih dahulu dibersihkan. Campurkan sedikit garam pada daun yang sudah digiling, lalu disaring, bila perlu tambahkan sedikit air matang. Air saringan diminum 2 x sehari secara rutin sampai sembuh.
  3. Sakit Tenggorokan. Akar bayam suga sebanyak 45g dicuci bersih dan dipotong-potong, kemudian direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, lalu disaring dan diminum selagi dingin untuk 2 x minum sehari masing-masing sebanyak ½ gelas.
  4. Peluruh Dahak (ekspektoran). Akar bayam suga sebanyak 50g dipotong-potong setelah dicuci bersih. Potongan akar bayam suga ditaruh di dalam mangkuk kemudian diberi arak merah sampai tergenang, lalu di tim dalam air sampai mendidih. Biarkan mendidih selama 15 menit. Didinginkan dan biarkan hangat untuk diminum sekaligus.
  5. Disentri. Akar bayam suga sebanyak 30g yang telah dicuci bersih dipotong-potong dan direbus dengan 2 gelas air, lalu ditambahkan 15g gula merah ke dalam rebusan; biarkan rebusan sampai tersisa sebanyak ½ gelas. Setelah disaring dan dingin, lalu diminum sekaligus sebelum makan. Pengobatan dilakukan 2 x sehari sampai sembuh.
  6. Keputihan. Akar bayam suga sebanyak 60g dipotong-potong setelah dibersihkan. Direbus dengan 3 gelas air dan menambahkan gula batu seukuran satu ruas jempol sampai tersisa menjadi 1 gelas. Minum selagi dingin setelah disaring untuk 2 x sehari masing-masing ½ gelas.
  7. Terlambat Haid. Akar bayam suga sebanyak 50g dipotong-potong setelah dicuci bersih. Potongan akar bayam suga ditaruh di dalam mangkuk kemudian diberi arak merah sampai tergenang, lalu di tim dalam air sampai mendidih. Biarkan mendidih selama 15 menit. Didinginkan dan biarkan hangat untuk diminum sekaligus.
  8. Susah kencing/ Kencing sedikit-sedikit (diuretik). Akar dari satu pohon bayam suga berikut bongkolnya dipotong-potong setelah dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Disaring dan didinginkan untuk diminum sekaligus di pagi hari. 

Pengobatan dari luar: 

  1. ASI tak lancar (laktagoga). Satu tumbuhan bayam suga ditumbuk halus setelah terlebih dahulu dibersihkan. Ramuan yang sudah halus dibalurkan disekitar payudara sampai dekat puting. Lakukan resep ini sebanyak 3 – 4 x sehari sampai ASI lancar.
  2. Demam. Daun dan batang bayam suga sekitar segenggam dicuci bersih. Ditumbuk halus sampai berupa adonan, lalu ditempelkan pada kening atau pelipis.
  3. Sakit Gigi. Ambil akar bayam suga, lalu dicuci bersih dan dikunyah-kunyah pakai gigi yang sakit.
  4. Gusi Bengkak / Berdarah. Keringkan tumbuhan bayam suga, lalu dibakar dalam periuk tanah sampai benar-benar rapuh. Digiling sampai halus dan dioleskan pada gusi yang sakit sesering mungkin, sampai sembuh.
  5. Bisul Keras (Baro imbulu). Daun dan batang bayam suga dibersihkan dan ditumbuk halus dan ditambahkan madu secukupnya. Adonan dilaburkan pada bisul dan dibalut. Lakukan 3 x sehari.
  6. Wasir / Ambeian (hemeroid). Daun dan batang bayam suga dipotong-potong setelah dibersihkan terlebih dahulu, lalu direbus dengan air tergenang. Biarkan mendidih selama 15 menit. Uap rebusan yang baru diangkat digunakan untuk menguapi wasir. Air rebusan yang masih hangat digunakan untuk membasuh wasir.
  7. Eksim. Tumbuhan bayam suga (seluruhnya) dipotong-potong setelah dicuci bersih lalu direbus dengan air tergenang  dengan menambahkan sedikit garam, dan biarkan mendidih selama 15 menit. Air rebusan didiamkan sampai hangat lalu digunakan untuk membasuh anggota badan yang terkena eksim.
  8. Rebusan dari seluruh tumbuhan bayam suga dapat juga digunakan untuk merendam kaki yang pegal-linu dan rematik.
  9. Gilingan tumbuhan bayam suga yang kering dapat juga digunakan untuk pengobatan kutil, luka terbakar atau luka gigitan ular berbisa.

Selanjutnya boleh dibaca Resep-resep Datu Bolon>>>

Mulak tu bona>>>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: