Tinta-tinta

Tinta-tinta atau Gendola (Basella rubra Linn.)

Tinta-tinta adalah nama yang dikenal secara umum untuk tumbuhan Gendola di Tanah Batak. Gendola adalah nama umumnya, nama latinnya adalah Basella rubra Linn, sementara orang Cina menyebutnya Lo Kuei. sementara untuk nama bataknya belum terdokumentasi tetapi tumbuhan Tinta-tinta ini cukup subur di dataran tinggi Tanah Batak yang dingin dan biasanya ditanam sebagai tumbuhan bunga yang menjalar yang ditata tangga-tangga rambatannya.

Tinta-tinta mengandung bahan kimia aktif yang berkasiat diantaranya organic acid, glucan, saponin, vitamin-A,-B,-C. Tumbuhan ini memiliki efek farmakologis seperti penurun panas, pembersih darah, penetral racun, pembersih organisme-organisme penyebab penyakit.

Seluruh bagian dari tumbuhan ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit antara lain:

  1. Cacar Air. Cacar Air adalah penyakit yang disebabkan virus yang umumnya menyerang anak-anak terutama balita. Ditandai dengan demam tinggi, badan terasa lemah dan sakit kepala ringan. Kemudian diikuti adanya bintik merah pada kulit berbentuk butiran berisi air dan terasa panas. Pengobatannya dilakukan dengan merebus bunga Tinta-tinta sebanyak sekitar 30 gram dengan air 3 gelas hingga tersisa 1 gelas, lalu setelah dingin diminum sekaligus 1 kali sehari.
  2. Campak. Penyakit Campak ditandai dengan demam dan menggigil serta batuk-batuk. Badan terasa lemah dan lelah, lalu hidung dan mata seperti berair. Selaput lendir di rongga mulut memerah, Kulit muka dan leher juga memerah dan terlihat bintik merah. Pengobatan dan resepnya sama seperti untuk penyakit Cacar Air.
  3. Panas di Dada dan Sesak. seluruh tumbuhan sekitar 70 gram direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Tambahkan pada air rebisan 1 seloki arak putih lalu diminum sekaligus 1 x sehari.
  4. Pegal Linu dan Rematik. Akar Tinta-tinta sebanyak 30 gram direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas dan diminum sekaligus 1 kali sehari.
  5. Influenza. Daun Tinta-tinta sebanyak 20 gram direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Bubuhkan sedikit garam dan diminum sekaligus 1 x sehari.
  6. Radang Kandung Kemih dan Anyang-anyangan. Seluruh bagian tumbuhan sebanyak 60 gram direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas lalu diminum sekaligus 1 x sehari.
  7. Radang Usus Buntu. Seluruh bagian tumbuhan Tinta-tinta dirajang kecil-kecil lalu direbus dengan 1 gelas air hingga tersisa setengah gelas. Air saringannya diminum sekaligus 1 x sehari.
  8. Diare. Akar Tinta-tinta sebanyak 30 gram direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, lalu air rebusan diminum sekaligus 1 x sehari.
  9. Sembelit. Daun Tinta-tinta sebanyak 5 helai direbus dengan air secukupnya. Setelah air mendidih. Daun yang direbus itu dimakan sebagai lalapan 1 x sehari.
  10. Obat Tetes Mata. Biji Tinta-tinta sebanyak 10 butir ditumbuk halus sampai keluar airnya. Airnya tersebut disaring dan diteteskan pada mata yang sakit sebanyak 2 tetes. Lakukan 2 x sehari.

Catatan: Semua resep diatas harus terlebih dahulu dicuci bersih supaya tidak terikut kotoran lain seperti serangga-serangga atau kutu-kutu.

Selanjutnya boleh dibaca Resep-resep Datu Bolon>>>

Mulak tu bona>>>

One Response to “Tinta-tinta”

  1. There in fact obviously a lot to know about this. I think you created some great points in Features also. Keep working, fantastic job!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: